EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Teori Pemrosesan Informasi dan Neurosains dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Anis Syifaul Qolbiyah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia)
Eka Ismaya Indra Purnamanita (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan proses ingatan dan memori peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengembangan  metode pembelajarannya. Tujuan  penelitian ini mengekplorasi kedua teori dalam pengembangan metodologi pembelajaran PAI guna memberikan khazanah kepada guru PAI, mahasiswa dan praktisi pendidikan untuk memperhatikan kemampuan serta minat peserta didik agar mempermudah mengarahkan dan mengembangkan kapabilitas peserta didik dalam pembelajaran. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif, peneliti gunakan untuk mengeksplor lebih lanjut terkait kajian yang relevan dengan pemrosesan informasi, neorosains, dan ingatan dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini mengisyaratkan bahwa, teori pemrosesan informasi memiliki tahapan sebagaimana dilakukan dalam aktifitas pembelajaran PAI, dimana pada; (1) pendahuluan;  proses apersepsi terdapat pemberian motivasi, konsentrasi. 2) inti; pengolahan berupa tanya jawab tentang poin penting dan titik tekan, penyimpanan, ingatan kembali dengan pengulangan-pengulangan ringan, prestasi yakni reward baik secara verbal maupun material. 3) penutup; umpan balik dan penguatan diakhir pembelajaran. Sedangkan Neurosains, mengisyaratkan bahwa Guru PAI harus memahami kepribadaian peserta didik seperti gaya belajar, kemampuan menyerap materi, interaksi edukatif peserta didik dengan pendidik untuk mengakomodasi potensi peserta didik yang sangat kompleks dan bervariasi. Kesimpulannya, apabila pembelajaran PAI mengikuti kedua teori tersebut akan memperkuat ingatan peserta didik sehingga lebih optimal dalam mendaya gunakan kinerja otak, maupun mengembangkan potensi Intellegence Quotient /IQ, Emotional Quotient/EQ, Spiritual Quotient /SQ dan Multiple Intellegence /MI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...