EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Kontribusi Mata Kuliah Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah terhadap Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Hasbullah Hasbullah (IAIN Bone)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Kompetensi guru SD/MI dalam penulisan karya ilmiah masih kurang, diduga kemampuan tersebut berkaitan dengan mata kuliah Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah. Sehingga, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kontribusi mata kuliah terhadap kemampuan penulisan karya ilmiah mahasiswa. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, Populasi yakni mahasiswa PGMI (2019-2021) yang diambil sejumlah 120 mahasiswa menggunakan cluster random sampling. Instrumen studi dokumentasi mengumpulkan data nilai akhir mata kuliah dan nilai akhir hasil ujian skripsi dengan analisis korelasi product moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Bimbingan Penulisan Karya ilmiah terhadap kemampuanpenuisan karya ilmiah menunjukkan angka 7,3. Dalam hal ini berkontribusi searah dan signifikan, namun berada dalam kategori lemah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...