Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD

Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Mita Dewi Handari (Unknown)
Sakti Wijayanti (Unknown)
Wira Sakti Sutiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat menjadi salah satu penyebab yang mendorong guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Tetapi, seorang guru juga harus tetap memperhatikan kebutuhan siswa dan kesesuaian materi pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi pada dunia pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran audiovisual untuk menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain dan pengembanagan video animasi Light Pedia sebagai media dakwah dalam pembelajaran di kelas 3 Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Ketib Sumedang, dengan sampel penelitian sebanyak 24 siswa kelas 3B dan seorang guru kelas. Metode penelitian yang digunkan adalah metode D&D (Design and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Hasil penilaian yang dilakukan ahli materi dan ahli media setelah menyaksikan penayangan video animasi Light Pedia mendapatkan nilai sangat baik dalam isi/materi dan desain video pembelajaran Light Pedia, yang diperkuat oleh penilaian dari siswa dan guru selaku pengguna video animasi Light Pedia. Berdasarkan penilaian tersebut, video animasi Light Pedia telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...