Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui tingkat perilaku konsumtif pada siswa serta pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi perilaku konsumtif pada siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek. Metode penelitian eksperimental murni (True Experimental Design) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan desain penelitian pre-test-post-test control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek yang memiliki kecenderungan perilaku konsumtif, sampel berjumlah 10 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perilaku konsumtif siswa XI IPS 1 SMAN 2 Trenggalek berada pada kategori sedang dengan presentase 53%. Dalam hasil uji Independent Sample T test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kelompok eksperimen yang diberikan sebuah perlakuan yaitu konseling kelompok dengan teknik self-management dibandingkan kolompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hipotesis menyatakan bahwa adanya pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management terhadap penurunan perilaku konsumtif. Dibuktikan dari kelompok eksperimen yang mendapatkan sebuah perlakuan menunjukkan adanya penurunan pada nilai rata-rata hasil post-test perilaku konsumtif.
Copyrights © 2022