JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 3, No 2 (2020): JIMB - Volume 3 Nomor 2 September 2020

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK PEMBALUT WANITA MEREK SOFTEX (STUDI KASUS PADA KALANGAN MAHASISWI JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)

Sri Indriyani Lahay (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)
Tineke Wolok (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pembalut Wanita Merek Softex Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Data dalam penelitian ini yakni data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner penelitian kepada para mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian melalui pengujian dengan uji t diperoleh nilai signifikan Tvalue (0.000) alpha (0.05) dan nilai uji Thitung (12,080)   Ttabel  (1,9893).  Hal tersebut juga didukung oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,800 atau lebih besar dari skala 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Pembalut Softex di kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen UNG. Selain itu, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai (R²) sebesar 0,640. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 64% dari variabel bebas (Citra Merek) memiliki kontribusi untuk mempengaruhi Minat Beli Produk Pembalut Softex di kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen UNG. Sedangkan sisanya sebesar 0,36 atau 36% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk, harga, promosi, dan lain-lain yang tidak dijelaskan dan diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji regresi menunjukan bahwa variabel Citra Merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Produk Pembalut Softex dengan melihat hasil koefisien regresi dimana Thitung lebih besar dari Ttabel, serta besarnya kontribusi variabel Citra Merek dalam mempengaruhi variabel Minat Beli.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...