JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 4, No 2 (2021): JIMB - Volume 4 Nomor 2 September 2021

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien KIS Di Puskesmas Kota Selatan

Rizka Nur Safira (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo)
Tineke Wolok (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo)
Andi Juanna (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien KIS di Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan. Analisis data penelitian ini yakni analisis kuantitatif regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung untuk kualitas pelayanan diperoleh sebesar 0,759 sedangkan nilai rtable tingkat signifikan 5% sebesar0,361. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,496. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 49,6% variable kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan di Puskesmas Kota Selatan. Sedangkan sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh factor lain seperti biaya perawatan, lokasi, fasilitas dan image.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...