JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 1, No 3 (2018): JIMB - Volume 1 Nomor 3 Januari 2019

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA RUMAH SAKIT TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO

Abd. Rahman Pakaya (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Agus Hakri Bokingo (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Nur Fadila A. Yusuf (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2020

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo berjumlah 500 Responden dan jumlah sampel 88 Pasien Rawat Inap. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling, yaitu semua elemen dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling yang merupakan metode pengambilan sampel yang dipilih secara acak dengan memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi yang menunjukan bahwa nilai signifikan t hitung lebih keci dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Untuk pengaruh kualitas pelayanan (X) adalah sebesar 0,000 0.05 dan t Hitung 7,659 t tabel 1,664, .Dengan demikian hipotesis uji t  untuk Ha (variabel kualitas pelayanan) berpengaruh. Dengan demikian hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikan atau diterima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...