JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 4, No 3 (2022): JIMB - Volume 4 Nomor 3 Januari 2022

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing di Hotel Elji Kota Gorontalo

Nilawati Harun (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Rizan Machmud (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Ramlan Amir Isa (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Tinneke Wolok (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor loyalitas pelanggan terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner pada Pengunjung Hotel Eljie Kota Gorontalo serta data sekunder dari dokumen yang diperoleh dari Hotel Eljie Kota Gorontalo. Sampel yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Berdsarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan juga terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...