Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengembangan E-Book Interaktif Tumbuhan Berbiji dengan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual

Rizka Okta Oktafiani (Pascasarjana Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang)
Amin Retnoningsih (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang)
Thalita Widiatiningrum (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pengembangan e-book interaktif merupakan solusi karena menjadi sumber belajar buku yang berbasis digital. Pengembangan e-book dirancang menggunakan pendekatan saintifik dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif dengan pendekatan saintifik dan kontekstual serta mengukur tingkat kelayakan dan keterbacaan e-book. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan desain pengembangan model 4-D (Four D models) oleh S. Thiagarajan, Dorothy dan Melvyn I. Semmel. Hasil pengembangan e-book diuji kelayakan dan  keterbacaan. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 84.1 % dengan kriteria layak sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh  rata-rata 95,2 %.  Hasil dari kelayakan e-book selanjutnya diujicobakan keterbacaan dan kepraktisan kepada guru dengan hasil 95 % dan 20 siswa dengan skala kecil memperoleh hasil 96% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa e-book memiliki kriteria sangat baik karena memenuhi indikator yang ditentukan sebagai dasar penilaian sebagai sumber belajar untuk SMA/MA yang layak, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...