Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI PADA MATER SYAJA’AH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING




Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Fakta lapangan di UPTD SPF SMP Negeri 1 Singkil Utara menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga hal itu menyebabkan  siswa  lemah dalam memiliki kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, dimana kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil pre-test pada kondisi awal, hanya 13 orang dari 32 orang siswa saja yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 74,22. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan model quantum teaching. Peneltiian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa adalah 74,22 (dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 41%), pada Siklus I nilai rata-rata siswa adalah 87,81 (dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%) dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 90,00 (dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88%). Dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal yang terjadi mulai dari kondisi awal, Siklus I dan Siklus II, dapat disimpulkan bahwa melalui model Pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada materi Syaja’ah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...