Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI METODE SUPERMIK PINTER




Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di MTS Swasta Simpang masih rendah untuk itu diperlukan pembinaan agar guru memiliki kompetensi yang baik dalam menyusu rencana pelaksanaan pembelajaran, dinatranya menggunakan metode supermik pinter. Metode penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana disetiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Supermik Pinter tersebut kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis Kurikulum 2013 mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi awal: cukup: 25 orang (100%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: tidak ada (100%); siklus I: cukup: tidak ada (0%), baik: 19 orang (76%) dan amat baik: 6 orang (24%); sedangkan siklus II: cukup: tidak ada (0%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: 25 orang (100%). Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan, simpulan hasil penelitian bahwa “Supermik Pinter” dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...