Kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di MTS Swasta Simpang masih rendah untuk itu diperlukan pembinaan agar guru memiliki kompetensi yang baik dalam menyusu rencana pelaksanaan pembelajaran, dinatranya menggunakan metode supermik pinter. Metode penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana disetiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Supermik Pinter tersebut kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis Kurikulum 2013 mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi awal: cukup: 25 orang (100%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: tidak ada (100%); siklus I: cukup: tidak ada (0%), baik: 19 orang (76%) dan amat baik: 6 orang (24%); sedangkan siklus II: cukup: tidak ada (0%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: 25 orang (100%). Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan, simpulan hasil penelitian bahwa “Supermik Pinter” dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013.
Copyrights © 2022