Pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi diharapkan dapat menjadi sebuah terobosan untuk menambah minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menghitung volume pekerjaan pada pelaksanaan konstruksi bangunan gedung berbasis video dan menganalisis efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan ADDIE. Analisis validasi kelayakan dan kepraktisan menggunakan metode intraclass correlation coefficients berbantuan software SPSS v.19, sedangkan analisis keefektifan video yang dikembangkan menggunakan uji t. Hasil pengembangan dan analisa data yang dihasilkan video pembelajaran dinyatakan oleh ahli materi dengan skor 4,03 (layak) dan oleh ahli media dengan skor 4,28 (sangat layak). Pada aspek kepraktisan, video pembelajaran diuji oleh peserta didik dengan hasil skor koefisien reproduksibilitas 0,9 (sangat praktis). Hasil analisa data uji keefektifan, menunjukkan bahwa skor rata- rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 56,73% (cukup efektif). Didapatkan dari hasil uji t perbedaan signifikan dari sebelum ke sesudah menggunakan media pembelajaran video yang dikembangkan, dengan nilai peningkatan selisih 11,23. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi menghitung volume pekerjaan pada pelaksanaan konstruksi bangunan.
Copyrights © 2022