Pelaksanaan pembelajaran Sanggul Gala sangat identik dengan eskploasi pemahaman, kreativitas, dan imajinasi agar menghasilkan sanggul sesuai tema yang dikehendaki. Referensi buku dan modul yang terbatas, serta minimnya media pembelajaran sangguk gala menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini bertolak belakang dengan kondisi faktual yang ada, bahwa siswa SMK bidang keahlian tata kecantikan dituntuk untuk berfikir kritis dan imajinatif dalam proses pembelajaran Sanggul Gala. Permasalahan yang ingin diungkap adalah: 1) Bagaimana pengembangan e-Modul Sanggul Gala; dan 2) bagaimana keefektifan e-Modul Sanggul Gala dalam meningkatkan kreativitas siswa program keahlian tata kecantikan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) megembangkan e-Modul Sanggul Gala; dan 2) menguji keefektifan dalam meningkatkan kreativitas siswa program keahlian tata kecantikan. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Kota Tegal, Program Keahlian Tata Kecantikan. Berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran, didapatkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran e-Modul Sanggul Gala telah memenuhi kriteria: 1) tingkat validitas: 81,67% (valid); 2) tingkat kelayakan: 3,56 (layak), (3) tingkat reliabilitas; 0,364 (reliable). Pada tahap uji coba e-Modul dan video Sanggul Gala pada siswa SMK Program Keahlian Tata Kecantikan, didapatkan hasil rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 29.7% pada semua aspek (kognitif, afektif dan psikomototik). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-Modul Sanggul Gala signifikan dalam meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomototik siswa program keahlian tata kecantikan.
Copyrights © 2022