Penelitianinibertujuanuntukmengetahui Strategi Pemberdayaanusahamikrokecil dan menengahterhadappenjualansarungtenunkhas Buton. Objekpenelitianiniadalahusahamikrokecil dan menengah di KelurahanSulaaKecamatanBetoambari Kota Baubau. Dalam penelitianinimenggunakanmetodekualitatif, denganpendekatanmenggunakanAnalisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitianinibahwapengrajinmemperoleh modal dariduasumberyakni modal mandiri dan modal kerjasama, kelemahanpara Pengrajinkaintenunkhas Buton yaitukekuranganwadahatausarana pasar yang tidakluas, opportunitiataufaktorpeluang, ketersediaansumberdayamanusiasudahada dan faktorancaman yang bersifatekternalbagiperkembanganpenjualansarungtenunkhas Buton adalahadanyasarungtenunkhas Buton yang palsu. Strategi meningkatkanpenjualansarungtenunkhasbutonmenggunakan media sosialsesuaidenganperkembanganteknologi dan zaman.
Copyrights © 2022