Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10 No 2 (2021)

Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos

Hidayati Hidayati (SMA Negeri 1 Nunukan, Kalimantan Utara)
Sugeng Sugeng (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran berkaitan dengan penerapan konsep transformasi geometri menjadi desain batik Lia Maido menggunakan aplikasi Desmos. Lia Maido berasal dari bahasa Tidung dan Toraja. Lia berarti merah dan Maido berarti hijau. Penggunaan desmos sebagai proses literasi digital bagi guru dan peserta didik pada pembelajaran matematika tentang transformasi geometri. Penerapan konsep transformasi geometri dalam membuat desain batik Lia Maido menggunakan aplikasi desmos dilakukan dalam tiga tahapan. Tahap pertama merancang bangun utama yang akan ditransformasikan, pada desain batik Lia Maido, terdiri atas tiga bangun utama yaitu bidang segi delapan beraturan, bidang persegi, dan bidang segi enam. Tahap kedua mengakses aplikasi desmos dan membuat folder untuk memasukkan titik koordinat dari tiga bangun utama. Tahap ketiga melakukan proses transformasi geometri dari tiga bangun utama di desmos, sehingga diperoleh 3 bangun hasil translasi, 71 bangun hasil refleksi dan 23 bangun hasil rotasi. Penerapan transformasi geometri dalam desain batik melatih peserta didik berfikir kritis, kreatif dalam memecahkan masalah sehingga diperoleh desain pola batik yang diharapkan .Desain batik Lia Maido dari SMAN 1 Nunukan telah berhasil direalisasikan menjadi kain batik, yang di dalamnya memuat materi Transformasi Geometri yaitu Translasi (pergeseran), Refleksi (pencerminan), dan Rotasi (perputaran).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...