MetaBio : Jurnal Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NEGERI TANAH JAWA T.P 2014/2015

Afni Winda Afriza (Universitas Simalungun)
Ika Rosenta Purba (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre - test, post - test. Jumlah populasi sebanyak 203 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII - 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata - rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata - rata pre - test kelas eksperimen sebesar 44,25 dan nilai rata - rata post - test kelas eksperimen yaitu 78,37. Nilai rata - rata pre - test kelas kontrol sebesar 38,50 dan nilai rata - rata post - test kelas kontrol yaitu 65,25. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015 sebesar 34,12. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (7,68) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metabio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode ...