Renjana Pendidikan Dasar
Vol 2 No 2 (2022): Edisi Mei 2022

PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES SUGITANGNGA KABUPATEN GOWA

Rosdiah Salam (Universitas Negeri Makassar)
Sri Megawati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar)
Erma Suryani Sahabuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media flash card untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahama siswa Kelas IV SD Inpres Sugitangnga Kabupaten Gowa. Focus dari penelitian ini adalah penggunaan media flash card dan keterampilan membaca pemahaman. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Inpres Sugitangnga dan seluruh siswa kelas IV SD Inpres Sugitangnga Kabupaten Gowa yang berjumlah 14 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang diguankan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes evaluasi. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada Siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori kurang dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan, pada Siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Berdasarkan ahsil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Sugitangnga Kabupaten Gowa telah berhasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...