Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5 No 1 (2022): GUIDING WORLD ( JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING )

Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Kepercayaan Diri Remaja di SMKN 3 Kota Bima

Yuli R (STKIP Bima)
Sarbudin Sarbudin (STKIP Bima)
Irham Irham (STKIP Bima)
Faijin Faijin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterkaitan interaksi peserta didik dengan teman sebayanya. Peserta didik jurusan tata boga yang jarang bergaul dan berinteraksi dengan temannya cenderung minder serta malu untuk berbicara karena tidak terbiasa melakukan interaksi dengan teman sebaya, sehinga terlihat seperti kurang kepercayaan diri untuk bersosial dengan teman sebayanya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri pada remaja di smkn 3 kota bima tahun pelajaran 2021/2022. Rancangan penelitian adalah penelitian kuantitatif korelasional, sebab penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh antara dua variabel. Kedua variabel yang dimaksud adalah interaksi sosial teman sebaya bertindak sebagai variabel bebas (X) dan kepercayaan diri peserta didik bertindak sebagai variabel terikat (Y). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini ada di beberapa jurusan di SMKN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021 yang berjumlah -100 orang peserta didik, Adapun sampel dalam penelitian ini 20 % dari populasi yaitu sebanyak 17 peserta didik. Cara pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan percaya diri pada remaja di SMKN 3 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022, maka penulis dapat simpulkan bahwa: interaksi sosial teman sebaya dengan percaya diri pada remaja memiliki hubungan yang erat sebesar 6.059 dengan percaya diri pada remaja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Yang berarti hipotesis alternatif (Ha diterima).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam ...