INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 5 No 1 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Desain Grafis

Fitri Ayu (AMIK Mahaputra Riau)
Des Suryani (Universitas Islam Riau)
Muhammad Muhammad (AMIK Mahaputra Riau)
Sinta Maria (AMIK Mahaputra Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia telah merubah pola dan sistem pembelajaran langsung atau tatap muka menjadi daring atau online. Perubahan ini tentu mengalami banyak kendala terutama dalam proses pemahaman konsep yang membutuhkan tingkat visualisasi yang tinggi, khususnya pada mata kuliah desain grafis. Salah satu konsep yang membutuhkan tingkat visual tinggi adalah konsep rancang bangun atau desain eksterior 3D. Materi ini jika hanya diajarkan melalui buku teks, gambar ataupun secara daring tentu hasil pembelajaran tidak akan maksimal. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran desain grafis berbasis Augmented Reality untuk mendukung proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Aplikasi Assemblr yang dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran ini dapat diakses secara realtime melalui Smartphone Android kapanpun dan dimanapun sehingga mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Fungsi, objek dan menu yang disediakan dalam Aplikasi Assemblr sangat banyak, mudah digunakan, dan sangat mendukung untuk pembelajaran desain grafis. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang menarik dan menyenangkan pada pembelajaran desain grafis, karena hasil rancangan atau desain dapat ditampilkan langsung dalam bentuk 3D dan Augmented reality

Copyrights © 2022