Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui penerapan metode diskusi di SDN 1 Tonggolobibi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 60% dan daya serap klasikal 60% Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 93% dan daya serap klasikal 83% Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan  ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan daya serap klasikal 65% Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN No 1 Tonggolobibi. Kata Kunci:  Hasil Belajar IPS, Metode Diskusi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016