Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 5 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MIS Margapura Kecamatan Bolano Lambunu

Pradita, Opi ( FKIP UNTAD)
As,, Mestawaty, (Unknown)
Husain, Sarjan N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV MIS Margapura melalui metode eksperimen, dari 15 siswa pada tes formatif pra siklus menunjukkan bahwa siswa yang dinyatakan tuntas hanya 4 siswa dari 15 siswa. Keadaan tersebut menjadi dasar bagi penulis untuk melakukan perbaikan sistem pembelajaran yang lebih efektif guna meningkatkan hasil belajar yang optimal, yakni melalui penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing - masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan 4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MIS Margapura kecamatan Bolano Lambunu dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa. Tehnik pengumpulan data meliputi observasi, tes formatif (pre test dan post test), dan dokumentasi, sedangkan tahapan analisis data dilakukan dengan dua cara, yakni melalui tehnik kuantitatif (menentukan daya serap individual, ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal) sementara tahapan kegiatan analisis data kualitatif adalah dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Margapura pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya prosentase dari tiap-tiap katagori aktivitas siswa pada Lembar Observasi Siswa, baik pada observasi siklus I maupun siklus II pada siklus 1 pertemuan kedua nilai rata-rata sebesar 63,6 yang semula 60, sedangkan pada siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata menjadi 72,6 dari yang semula hanya 70,6. Indikator kinerja hasil belajar yang peneliti tentukan telah tercapai pada pembelajaran siklus II, yaitu nilai rata-rata hasil tes IPA mencapai 72,6 untuk prosentase ketuntasan juga telah tercapai yaitu sebesar 86,7 % dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM dari 15 siswa di kelas IV MIS Margapura. Kata Kunci: Hasil Belajar; IPA, Metode Eksperimen

Copyrights © 2016