Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Alat Pernapasan Pada Manusia dan Hewan Kelas V SDN No. 3 Toaya

Amaliah, Amaliah ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksakan di SDN No. 3 Toaya dengan Jumlah siswa 10 Orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model alur Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus yang memiliki tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa persentase Ketuntasan Belajar Klasikal mencapai 70%, kemudian Daya Serap Individu mencapai 13,60%. Pada penelitian siklus II menunjukkan bahwa persentase Ketuntasan Belajar Klasikal mencapai 100%, Daya Serap Individu mencapai 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas V SDN No. 3 Toaya. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses dan Peningkatan Hasil Belajar

Copyrights © 2016