Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat siswa kelas IV SDN 2 Lais. Metode yang digunakan adalah metode pemberian tugas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 2 Lais tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan prosentase keterampilan menulis surat dari 25% pada pra-tindakan menjadi 40% pada siklus satu, (2) dan terjadi peningkatan prosentase keterampilan menulis surat dari 40% pada siklus satu menjadi 80% pada siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia meningkatkan keterampilan menulis surat siswa kelas IV SDN 2 Lais tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Pemberian Tugas, Menulis Surat, SDN 2 Lais
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016