Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele

Dahniar, Dahniar ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca lanjutan  pada siswa kelas II SDN 2 Ogowele melalui penerapan metode SAS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek terteliti adalah siswa kelas II SDN 2 Ogowele Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 18 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata-rata persentase keterampilan membaca lanjutan siswa dari 22,2% pada observasi awal sebelum tindakan siklus, setelah itu meningkat menjadi 55,5% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,3% pada siklus II, (2) terjadi selisih peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus 1 sebesar 33,3%, dan (3) selisih peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pada siklus I ke siklus II sebesar 27,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca lanjutan siswa kelas II SDN 2 Ogowele Tahun Pelajaran 2013/20134. Kata kunci : Metode SAS, Membaca Lanjutan, SDN 2 Ogowele

Copyrights © 2016