Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VI SDN 2 Galumpang Dalam Bercerita Melalui Metode Diskusi

Riswan, Riswan ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah tentang pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan cara bercerita melalui metode diskusi dengan subjek penelitian kelas VI SDN 2 Galumpang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN 2 Galumpang dalam bercerita melalui metode diskusi, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan siswa kelas VI SDN 2 Galumpang dalam bercerita melalui metode diskusi. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan (PTK). Dalam Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan bercerita bagi siswa kelas VI SDN 2 Galumpang dengan hasil observasi awal diperoleh ketuntasan klasikal 40%, pada siklus I meningkat menjadi 60%, pada siklus II naik menjadi 80%. Dalam menentukan penilaian tersebut ditetapkan 5 aspek yang menjadi pedoman penilaian setiap siklus yakni (1) nilai aspek kelancaran berbicara, (2) nilai aspek ketepatan diksi/pilihan kata, (3) nilai  aspek struktur kalimat, (4) nilai aspek kelogisan diberi, dan (5) nilai aspek komunikatif/kontak mata. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VI SDN 2 Galumpang. Kata Kunci: Kemampuan Bercerita, Metode Latihan, SDN 2 Galumpang

Copyrights © 2016