Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

KONSEP DIRI DAN KECEMASAN MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BISNIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

Angga Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat eksploratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri dan kecemasan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika bisnis ditinjau dari perbedaan gaya kognitif, yaitu field dependent dan field independent. Subjek penelitian ini terdiri dari dua mahasiswa , berjenis kelamin perempuan. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan instrument GEFT. Perbedaan gaya kognitif, kesamaan jenis kelamin, kemampuan berkomunikasi dan kesediaan mahamahasiswa juga menjadi pertimbangan peneliti untuk memilih subjek, kemudian dilanjutkan dengan memberikan tugas pemecahan masalah, wawancara dan pengamatan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa subjek bergaya kognitif field dependent berusaha dalam memecahkan masalah matematika bisnis walau menghadapi beberapa kesulitan dan merasa tidak yakin dapat memecahkan masalah matematika bisnis dengan benar. Selain itu, subjek bergaya kognitif field dependent merasa gugup, tegang dan khawatir tetapi tidak menunjukan perubahan fisiologis dan menjelaskan secara garis besar tentang pemecahan masalah matematika bisnis. Di sisi lain, subjek bergaya kognitif field independent berusaha terus dalam memecahkan masalah matematika bisnis walau menghadapi kesulitan dan merasa yakin dapat memecahkan masalah matematika bisnis. Subjek bergaya kognitif field independent tidak merasa gugup, tegang dan khawatir tetapi mengeluarkan keringat pada telapak tangan dan menjelaskan secara terperinci tentang pemecahan masalah. Kata Kunci: Konsep Diri, Kecemasan, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...