DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 1 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV

Aiman Faiz (Unknown)
Indah Lestari (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Isnaeni Nur Hikmah (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Lestari Indriyani (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Sobari Sobari (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem-based learning di kelas IV SDN 1 Watubelah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara terkait proses pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada pelaksanaan guru siklus I adalah 73,21% meningkat menjadi 96,42% dan di siklus II 83,92% meningkat menjadi 92,86% di siklus II pada pelaksanaan siswa. Dengan demikian, model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada siswa kelas IV SDN 1 Watubelah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Hal ini memberikan implikasi bahwa model PBL memberikan satu konsep pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...