Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar

Nur Roudhotul Khasanah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Atnuri (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Achmad Fanani (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

Pemilihan metode yang tepat selama proses pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik. Metode pembelajaran yang tepat bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang tidak terlupakan, menyenangkan dan aktif sehingga siswa dapat berprestasi secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode crossword puzzle 4C dalam proses review Tema 4 (Sehat Itu Penting) Subtema 2 (Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah) Pembelajaran 1 terhadap hasil belajar siswa kelas V dan bagaimana pembelajarannya. implementasi (kegiatan pendidik dan siswa) dengan metode crossword puzzle berbasis 4C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode teka-teki silang dan pengaruh metode teka-teki silang terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji hipotesis. Metode teka-teki silang berbasis 4C mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t didapatkan hasil thitung = 26,16, kemudian dicari df = (N-1), (29-1) = 28, dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh t tabel 2,048 yang berarti thitung > ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas pendidik dalam kategori "sangat baik".

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...