Variabel dalam penelitian ini ada satu yaitu kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Fakultas Program Diploma Pelayaran Surabaya yang berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mendapatkan skor kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah. Melalui metode dan analisis data tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik pada Fakultas Program Diploma Pelayaran Surabaya adalah mahasiswa yang berada dalam kategori tinggi adalah 20 orang dengan persentasi 20%, dan yang berada dalam kategori sedang adalah 72 orang dengan persentasi 72%, sedangkan dengan kategori rendah adalah 8 orang dengan persentase 8%. Dengan demikian tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik pada Fakultas Program Diploma Pelayaran Surabaya berada pada kategori sedang yaitu 72 mahasiswa dengan persentasi 72%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020