Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi
Vol 73 No 2 (2021): Wahana

Analisis Fitur dan Elemen Desain Kemasan Bakpia Kenes Terhadap Persepsi Konsumen

Rachmadita Dwi Pramesti (Politeknik Negeri Jakarta)
Susilawati (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kemasan merupakan salah satu alat pemasaran yang penting, tidak sekedar sebagai pembungkus. Hal ini dikarenakan desain pada kemasan merupakan salah satu pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian produk. Desain kemasan adalah produk kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi, dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Selain itu, fitur kemasan seperti aspek fungsional kemasan juga berpengaruh terhadap pengalaman konsumen dalam menggunakan kemasan. Konsumen akan memiliki untuk membeli produk setelah melihat fitur dan elemen desain dalam kemasan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fitur dan elemen desain kemasan pada produk Bakpia Kenes. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai adalah model VIEW yaitu Visibility, Information, Emotional Appeal, dan Workability. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa fitur dan elemen desain kemasan yang ada pada kemasan Bakpia Kenes berpengaruh positif terhadap persepsi konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

whn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Wahana Tridharma Perguruan Tinggi Received research papers and literature review studies on Multidisciplinary sciences consisting of applied science, social sciences and humanities, education, psychology, law, engineering, health and pharmacy, technology, management, economy, accounting and ...