PRISMA
Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021

Perancangan Media Pembelajaran Berbentuk Pop Up Book untuk Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial

Andayani, Fitri (Unknown)
Widodo, Sri Adi (Unknown)
Agustito, Deniik (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk pencapaian memecahkan masalah matematis pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan dari media pop-up book pada materi aritmatika sosial. Hasil validasi yang telah diperoleh dari 7 validator kemudian dianalisis menggunakan persentase setiap item validasi. Kriteria produk dikatakan valid jika diperoleh persentase setiap item validasi produk minimal 70%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata kevalidan dari hasil validasi ahli media sebesar 80,57%, ahli materi sebesar 84,286%, dan ahli bahasa sebesar 83,88% dari hasil tersebut didapatkan kriteria valid dapat digunakan dengan revisi kecil. Disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi aritmatika sosial layak digunakan untuk meningkatkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...