AL-Hikmah: Jurnal Studi Agama-agama
Vol 8 No 1 (2022)

Desain Kurikulum Berbasis Islamic Worldview

Mahmud Muhsinin (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Khozin Khozin (Dosen Program Doktor PAI Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Membentuk akhlak siswa merupakan hal yang mendasar dalam pendidikan Islam . Terbentuknya akhlak sangat berkaitan dengan konsep pandangan dunia seseorang. Membentuk pandangan dunia anak merupakan hal yang penting dalam sebuah pendidikan. Pendidikan Islam  harus memperhatikan Islamic worldview agar bisa membentuk siswa yang berakhlak dan berkepribadian Islam . Bagaimana konstruksi kurikulum pendidikan perspektif/berbasis Islamic worldview? inilah pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sebuah kurikulum yang berbasis Islamic worldview. Hasil penelitian : Komponen tujuan kurikulum adalah membentuk anak didik yang menghamba kepada Allah semata dan bersikap sebagai khalifah dalam keseharian. Komponen kedua isi kurikulum, yaitu mengenalkan Allah, manusia dan alam. Komponen ketiga strategi kurikulum, yaitu proses pembelajaran dilakukan dengan mengutamakan aspek amal atau perbuatan atau praktek. Pembelajaran dilakukan dengan strategi pengalaman siswa. Strategi pembelajaran ini mengajak siswa untuk praktek dan mengungkapkan pengalamannya untuk dilakukan pembinaan agar praktek yang dilakukan bisa lebih baik lagi. Komponen keempat evaluasi, yaitu kelulusan siswa dan evaluasi tingkat keberhasilan strategi kurikulum. Penilaian kelulusan siswa dengan komposisi 40% penilaian kognitif dan 60% penilaian akfektif dan moral.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Journal of Al-Hikmah: a journal of studies of religions that publishes the results of studies and original research with the latest editions in the religious and social fields from a multidisciplinary perspective. This journal aims to expand and create concepts, theories, paradigms, perspectives and ...