Semenjak terbitnya SNI 2847:2013, syarat batasan tulangan maksimum sudah bukan suatu hal yang konstan lagi, melainkan tergantung pada jenis mutu baja tulangan yang digunakan dalam desain , karena nilai regangan baja tulangan tarik  pada kondisi kuat lentur nominal harus lebih besar atau sama dengan 0,005.Di SNI 2847:2013 ,nilai faktor reduksi   ditentukan berdasarkan nilai regangan tarik pada serat terluar yang terjadi ,(Net Tensiile Strain,NTS). Yang bisa dijelaskan bahwa nilai  dibedakan atas saat penampang terkendali tekan, terkendali tarik dan daerah transisi. Bila  maka penampang dikatakan terkendali tekan dan nilai , saat  maka penampang dalam keadaan transisi dan nilai Ø=0,65+(εt- ), serta saat  penampang dikatakan terkendali tarik maka nilai dengan 0,005.Penampang kegagalan tarik memiliki tingkat daktilitas yang baik ,untuk penampang kolom terjadi saat nilai eksentrisitas gaya aksial tekan, e, lebih besar dari nilai eksentrisitas gaya aksial tekan kondisi setimbang,eb. Langkah analisisnya yang rasional adalah melakukan cara coba-coba dan menyesuaikan, yang merupakan tahapan yang melelahkan.Tujuan studi ini, adalah memandu desain luas tulangan lentur dan aksial tekan yang berada pada kategori kegagalan tarik  saat tulangan tekan telah leleh sesuai yang disyaratkan oleh SNI 2847:2013 dengan langkah yang sederhana,  penulangan  dua sisi.Metode studi  ini pada dasarnya mengolah kembali rumus-rumus dasar  teori kekuatan penampang  kolom beton bertulang yang telah diturunkan oleh beberapa penulis sebelumnya serta SNI 2847:2013 agar mendapatkan sebuah perumusan lain yang dapat digunakan secara umum dengan tujuan bisa dibuat  grafik yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah dan menyederhanakan desain luas tulangan lenturnya.                 Studi telah menghasilkan suatu perumusan umum dan grafik yang bisa digunakan untuk segala jenis mutu baja dan  mutu beton yang lebih kecil atau sama dengan 28 MPa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020