Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Evaluasi Kirkpatrick Level I Pelatihan Communication Skills Di Balai Diklat Keuangan Malang

M. Bahrun Nawawi (Balai Diklat Keuangan Malang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Untuk mengetahui efektifitas suatu pelatihan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja pegawai diperlukan evaluasi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pelatihan adalah dengan Kirkpatrick four levels evaluation model yang dikembangkan oleh Kirkpatrick. Model evaluasi ini terdiri dari empat macam level evaluasi yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan dan pengajar pada pelatihan communication skills Angkatan 1 tahun 2021 di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan Malang (level-1). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa reaksi peserta pelatihan terhadap penyelenggaraan dan pengajar dalam pelatihan communication skills ini adalah sangat baik sebagaimana ditunjukkan dari penilaian peserta dengan rata-rata nilai diatas 4,5. Namun demikian, perlu dipertimbangkan masukan dari peserta berkaitan dengan waktu penyelenggaraan, durasi waktu synchronous dan memberikan tambahan contoh guna meningkatkan kualitas pelatihan sejenis di masa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...