Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2020): BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indones

Media Internet dan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi

Rahayu Pujiastuti (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Nurhayati Nurhayati (SMK Negeri 6 Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Peserta didik kelas X Jasa Boga 3 (X-JB3) SMK Negeri 6 Surabaya mengalami tiga permasalahan pada pembelajaran menyusun teks eksposisi, yaitu kesulitan (1) menemukan ide; (2) mengatur urutan peristiwa yang akan dikembangkan; (3) mengembangkan urutan peristiwa menjadi teks eksposisi. Dari 35 peserta didik, hanya 20 atau 57% yang dapat mencapai KBM 70. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X-JB 3 di SMK Negeri 6 Surabaya melalui media internet dan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Subjek penelitian 35 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan penilaian nontes. Penganalisisan data menggunakan persentase dan deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media internet dan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X-JB 3 di SMK Negeri 6 Surabaya. Peningkatan proses pembelajaran terlihat dari aktivitas peserta didik 78,7% pada siklus 1 menjadi 89,8% pada siklus 2. Peningkatan hasil pembelajaran terlihat dari kemampuan menulis teks eksposisi 71,4% pada siklus 1 menjadi 88,2% pada siklus 2.

Copyrights © 2020