Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan cukup baik. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari lima nilai karakter dalam rangka penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Kata Kunci: Nilai Karakter, Belajar Bahasa Indonesia, Membaca 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019