Rendahnya minat membaca maupun menulis membuat siswa enggan menyikapi permasalahan matematika terutama pada beberapa soal cerita matematika. Perlu adanya penerapan suatu metode sebagai alternatif siswa dalam hal membaca dan menulis agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Salah satu pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap semangat membaca dan menulis siswa adalah desain pembelajaran ASSURE berbasis literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan  desain pembelajaran ASSURE berbasis literasi pada materi bangun ruang  kelas VIII SMP .  Tahapan pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi define, design dan develop. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelajaran, lembar kerja siswa, media belajar mengajar dan tes prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi alat pembelajaran, lembar kegiatan siswa,angket respon siswa dan tes prestasi belajar siswa. Hasil dari instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif untuk menjawab tujuan penelitian. Hasilnya adalah perangkat pembelajaran yang berorientasi literasi pada materi bangun datar yang telah valid. Karena perangkat pembelajaran telah direvisi berdasarkan validasi dan setelah eksperimen di kelas respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif dan valid, kepekaan dan reliabilitas. Kategori terhadap uji prestasi menunjukan adanya perbedaan hasil belajar. Sehingga perangkat pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru untuk mengajarkan  bangun ruang   untuk mengembangkan literasi  siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019