Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Produk Pt Serambi Botani Indonesia

Ardi Gunawan (Universitas Riau)
Fajar Restuhad (Universitas Riau)
Deby Kurnia (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik umum konsumen, mengidentifikasi aspek atribut produk yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen, menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja terhadap atribut produk, dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru dengan menggunakan metode studi kasus dan teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling. Sampel didapat sebanyak 147 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, Importance-Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru sebagian besar konsumen merupakan perempuan. Aspek atribut produk yang dianggap paling baik kinerjanya oleh konsumen adalah Merek. Hasil dari analisis IPA terdapat tiga atribut yang berada pada kuadran I (prioritas utama), terdapat enam atribut pada kuadran II (pertahankan prestasi), terdapat lima atribut pada kuadran III (prioritas rendah), dan terdapat empat atribut pada kuadran IV (Berlebihan). Hasil dari CSI dapat diketahui bahwa nilai CSI adalah sebesar 82,25 %, yang berarti para konsumen telah sangat puas terhadap kinerja atribut produk di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...