NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 4 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH INTENSITAS, ISI PESAN, DAN DAYA TARIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP SIKAP MASYARAKAT

Iis Samsiyah (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Siti Nursanti (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Made Panji Teguh Santoso (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus pada iklan layanan masyarakat mengenai program vaksinasi yang disampaikan pemerintah melalui media massa televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek iklan layanan masyarakat program vaksian terhadap sikap masyarakat dalam mengikuti vaksinasi di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat seperti dilihat dari intensitas variabel iklan, pesan iklan dan daya tarik iklan. Televisi sendiri merupakan media yang dipilih masyarakat dalam melihat perkembangan penyebaran virus Covid-19. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif survei dengan analisis data menggunakan teori Uses and Gratification. Penelitian ini memiliki hasil 66,7%, yang berarti bahwa semua variabel memiliki pengaruh pada sikap masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi dan sisanya 33,3% yang dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...