Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services
Vol 2, No 1 (2021): Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services

Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal

Hera Febria Mavilinda (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Akhmad Nazaruddin (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Nofiawaty Nofiawaty (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Lina Dameria Siregar (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Isni Andriana (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Kemas Muhammad Husni Thamrin (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
10 May 2021

Abstract

Saat ini dunia sedang menghadapi situasi pandemi akibat adanya wabah Corona Virus Disease2019 (COVID-19) yang berdampak mendalam terhadap berbagai sektor ekonomi terutama pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam survey yang dilakukan oleh MicroMentor terhadap 250 UMKM, tercatat bahwa 67% pendapatan UMKM menurun. Dampak Pandemi COVID-19 juga turut dirasakan oleh pelaku UMKM di Kota Palembang. Data pemerintah kota Palembang mencatat bahwa ada sekitar 35 ribu UMKM yang mengalami penurunan Omzet sejak pandemi COVID-19. Memasuki era New Normalterjadi perubahan perilaku konsumen dimana hampir sebagian besar kegiatannya menggunakan pemanfaatan teknologi. Hal ini menjadi tantangan bisnis kedepan sekaligus peluang besar bagi para pelaku UMKM khususnya di Kota Palembang untuk meningkatkan kembali penjualan produk yang mengalami penuranan cukup tajam selama masa pandemi COVID-19 melalui optimalisasi strategi pemasaran digital. UMKM harus memiliki daya saing yang unggul agar dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjadi UMKM Unggul di era new normalini adalah dengan pemanfaatan dan pengoptimalisasian strategi pemasaran berbasis digital. Strategi pemasaran digital dapat berpengaruh hingga 78% terhadap keunggulan bersaing pelaku UMKM dalam pemasaran produk. Namun demikian, permasalahan yang terjadi saat ini adalah tidak semua pelaku UMKM di Kota Palembang yang dapat menggunakan pemasaran digital secara optimal, bahkan masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usahanya. Sehingga dengan pelatihan strategi pemasaran digital di era new normal bagi para pelaku UMKM di Kota Palembang diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam memahami dan menerapkan serta mengoptimalisasikan strategi pemasaran digital untuk menjadi “UMKM Unggul”.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jscs

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Socio-economy and business; 2. Training, Marketing, Financial and Design; 3. Community Empowerment and Community Services; 4. ...