Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pada materi relasi dan fungsi berbasis pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Pengembangan bahan ajar dilakukan berdasarkan tahapan model ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumentasi, telaah dokumen, wawancara dan angket/ instrumen. Instrumen penelitiannya ialah lembar penilaian validator (ahli materi dan ahli desain) untuk mengukur kevalidan bahan ajar, serta angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan bahan ajar. Penelitian dilaksanakan di SMP Citra Bakti. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif berdasarkan saran para ahli, sedangkan data kualitatif dianalisis setelah data terkumpul dengan menghitung rata-rata perorangan serta rata-rata keseluruhan dan selanjutnya mengkonversi rerata berdasarkan skala likert. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh penilaian bahan ajar dari validator berkriteria ‘baik’ dengan skor 4, 16 dan hasil kepraktisan bahan ajar berdasarkan penilaian guru dan siswa mendapat kriteria ‘sangat baik’ dengan skor 4, 68. Oleh karena itu, bahan ajar modul pada materi relasi dan fungsi berbasis pendekatan penemuan terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Copyrights © 2022