Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Shella Wahyuni (Universitas Labuhanbatu)
Laili Habibah Pasaribu (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa melalui pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif dengan Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest control grup design,Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik diruang VII A Tahun Pembelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah tes dan angket dengan teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian . diketahui tingkat signifikan 0,05 di dapat kesimpulan bahwa data di atas distribusi normal.Dari data di atas dapat di ketahui tingkat signifikan 0,05 di dapat kesimpulan bahwa data di atas distribusi homogeny dan uji normality hasil data tersebut yaitu berdistribusi normal Didialam pelaksanan pembelajaran matematika dengan menggunalan realistik ini dapat memudahkanpeserta didik untuk dapat berpikir secara kreatif dan termotivasi peserta didik didalam mengerjakan dan mmahami soal pada materiyang dipelajarri. Dengan adanya pendekatan ini, permasalahan nyata dari aktifitas didalam sehari- hari dapat digunakan sebagai titik awal pembelajaran matematika serta bisa melihatkan bahwa matematika sebenarnya dekat dengan aktifitas keseharian pada peserta didik dalam penelitian ini peneliti yang akan menerapkan pembelajaran melalui pembelajaran matematika realistik dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif serta motivasi pada peserta didik, agar bisa digali lebih jauh setiap aspek kemampuan berpikir kreatif siswa yang baik,dan termotivasi terhadap setiap pembelajaran dan aktif, kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...