Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah untuk menemukan solusi dengan mengutamakan strategi dan langkah-langkah yang tepat. Kemampuan pemecahan masalah penting untuk dimiliki siswa dalam mempelajari matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi geometri bangun datar segiempat berdasarkan tahapan pemecahan masalah Teori Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 3 siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Salatiga semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan hasil belajar tinggi mampu mencapai tahap 4 yaitu tahap Rigor. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan hasil belajar sedang mampu melakukan mencapai tahap 1 yaitu tahap Analisis. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan hasil belajar rendah mampu mencapai tahap 2 yaitu tahap Informal Deduktif.
Copyrights © 2022