Tantangan pengembangan kurikulum pada era digital saat ini adalah pada pembentukan kualitas serta karakter peserta didik yang mana kedudukan mereka adalah aset penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan solusi dalam pengembangan kurikulum dalam meningkatkan kecakapan literasi digital dan pembentukan karakter peserta didik di Indonesia. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa literasi digital menjadi sangat penting bagi peserta didik agar tidak terbawa dalam arus negatif globalisasi yang tidak terhindarkan dan tetap dapat mengikuti perkembangan globalisasi. Di era digital seperti sekarang ini, informasi dunia dapat diakses dengan kemudahan akses digital baik oleh guru maupun peserta didik karena hal tersebut dapat mendorong dan memfasilitasi tercapainya perwujudan pendidikan. Dengan kecakapan literasi digital di era pembelajaran saat ini, maka guru dan peserta didik tetap dapat melakukan aktivitas belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dengan tetap memperhatikan pembentukan karakter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022