Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar

Erlina Oktaviani (Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'
an (STIQ) RAKHA Amuntai)

Husin Husin (Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'
an (STIQ) RAKHA Amuntai)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pelaksanaan pembelajaran tahsin al-Qur’an dan kegiatan amaliyah keagamaan agar setelah pembelajaran dan kegiatan ini siswa dapat menanamkan dan mengimplementasikan pembelajaran dan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana kontribusi dari pembelajaran tersebut terhadap peningkatan pengetahuan siswa di bidang agama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu narrative research. Adapun subjek penelitian ini adalah para pengajar dan para siswa yang bersekolah di SDN Sungai Malang 2 dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi secara langsung, dan dokumentasi terkait hal-hal penelitian. Dan dari data yang telah diperoleh, teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh gambaran dari proses pembelajaran tahsin al-Quran dan kegiatan amaliyah keagamaan di SDN Sungai Malang 2 yang diimplementasikan dengan materi makharijul huruf, shalat dhuha, tausiyah atau ceramah agama, dan praktik ibadah sehingga pengetahuan siswa pada bidang agama dapat meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...