Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Dwi Aulia Lestari (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Tri Wintolo Apoko (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Pendidikan Bahasa Indonesia ialah pendidikan yang wajib ditekuni oleh setiap siswa sejak sekolah dasar, namun masih banyak siswa memandang Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang kurang diminati dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas video animasi melalui YouTube terhadap minatobelajaroBahasaoIndonesia pada siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dimana keterkaitan sampel penelitian tidak dikerjakan secara acak, namun menggunakan kelas yang sudah tersedia lalu dipilih menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan instrumen angket. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu siswa kelas II sekolah dasar yang berlokasi di Jakarta Barat. Data penelitian yang digunakan dianalisis dengan uji beda rerata (uji-t). Hasil pada eksperimen ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi melalui YouTube efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar pada muatan Bahasa Indonesia. Dengan kata lain, siswa yang menggunakan video animasi dalam pembelajaran pada pelajaran Bahasa Indonesia lebih tinggi dibanding pembelajaran kovensional. Maka dari itu, direkomendasikan kepada guru untuk dapat memanfaatkan aplikasi YouTube dengan menonton video-video animasi yang menampilkan materi yang relevan dengan pembelajaran pendidikan Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...