Kemampuan siswa dalam literasi membaca adalah upaya untuk menyelesaikan masalah bukan saja kajian Bahasa Indonesia tetapi Kajian matematikapun perlu pemahaman yang lebih signifikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah korelasi antara kemampuan literasi membaca dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V Sekolah Dasar  matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis korelasi antara kemampuan literasi membaca dengan kemampuan berpikir kreatif  matematis siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar kelas 5  di Kabupaten Bandung sedangkan sampelnya sebanyak 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes . Hasil penelitian ini Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara kemampuan literasi membaca pemahaman dengan kemampuan berpikir kritis siswa SD terdapat hubungan yang signifikan dibuktikan dengan sig >0,00.  Kata Kunci: Literasi Membaca Pemahaman, Berpikir Kreatif Matematis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022