Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelletually). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 068 Sindanglaya Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang keterampilan menulis puisi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas keterampilan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran SAVI. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi kelas sebesar 77,19 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,9% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,1% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.
Copyrights © 2022