Bio-Lectura
Vol. 9 No. 1 (2022)

PROFIL HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MAHASISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH

Raudhah Awal (Universitas Lancang Kuning)
Martala Sari (Universitas Lancang Kuning)
Ermina Sari (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran mendorong terciptanya berbagai media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Edmodo sebagai solusi dalam pembelajaran pada mata kuliah Botani Rendah Tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Project Based berbantuan Edmodo pada mata kuliah Botani Rendah Tumbuhan. Penelitian dilaksanakan di FKIP Pendidikan Biologi pada bulan Februari sampai Mei 2020. Desain penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan hasil belajar menggunakan Edmodo Assisted Project Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest dan posttest siswa diperoleh hasil yang berbeda, dimana nilai posttest menunjukkan rata-rata sebesar 89,23. Sedangkan berdasarkan hasil angket motivasi siswa, dari 6 indikator 5 pernyataan angket memiliki kategori baik dan 1 memiliki kategori cukup. Nilai angket motivasi tertinggi pada indikator keinginan kuat untuk belajar dengan persentase 82,25% (baik).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...