EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership
Vol 3, No 1 (2022): Christian Education and Leadership - June 2022

Mengembangkan Kreativitas Anak Taman Kanak- Kanak Melalui Metode Project Based Learning

Rida Sinaga (Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT)
Yulpianita Timbange (STAK Terpadu Pesat Salatiga)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Pada dasarnya semua manusia memiliki kesempatan untuk menjadi kreatif karena manusia memiliki kemampuan itu dalam dirinya. Kesempatan untuk mengaktifkan anak menjadi kreatif yamg seringkali tidak didaptakan anak. Untuk itu penelitian ini berupaya untuk menumbuhkan kemampuan kreativitas anak melalui metode project based learning. Dengan memberikan kesempatan dan simulasi melalui alat bermain yang ada di TK. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kreativitas anak melalui penggunaan metode project based learning di TK Sion Tridamarsari Terpadu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian tindakan kelas(PTK) dengan menggunakan tiga siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil akhir penelitian menggunakan metode project based learning pada kelompok A di TK Sion Tridamarsari adalah 6 anak mencapai berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 anak mencapai mulai berkembang (MB) dan 1 anak mencapai berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode project based learning dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Sion Tridamarsari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

EDULEAD merupakan wadah publikasi ilmiah hasil penelitian di bidang Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Anak Usia Dini dan Kepemimpinan Kristen, bagi para dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT, Salatiga, dan institusi lain yang memiliki bidang kajian yang serupa. ...